Peneliti Ciptakan Tangan Robotik Mirip Tangan Asli

peneliti-ciptakan-tangan-robotik-mirip-tangan-asliPeneliti Ciptakan Tangan Robotik Mirip Tangan Asli. (Foto: Bussiness Insider)

WASHINGTON – Para peneliti di University of Washington menciptakan sebuah tangan robot yang mampu bekerja layaknya tangan manusia. Hal tersebut karena tangan robotik menggunakan sistem manipulasi yang dinamai Adroit.

Dalam laman Bussiness Insider, Senin (30/5/2016), tangan robotik tersebut memiliki gerak refleks yang hampir menyerupai dengan tangan manusia. Lima jari tangannya tampak cekatan dan mampu memperbaiki kesalahannya untuk tampil lebih baik di beberapa waktu kemudian.

Sistem yang dianutnya sendiri merupakan bentuk dari program artificial intelligence yang disebut learning machine. Dengan sistem tersebut, tangan robotik tersebut mampu memperbaiki kesalahannya dan menampilkan performa yang lebih baik di masa mendatang.

Tangan robotik tersebut dikatakan mampu menggerakan persendiannya dari awal gerakan hingga akhir dengan rentang waktu 2,44 detik.

“Apa yang telah kami capai saat ini adalah fundamental dan mendasar. Ini adalah langkah kecil ke arah yang benar tapi belum membawa kita kepada kesimpulan,” ujar Vikash Kumar, mahasiswa

doktoral ilmu teknik dan komputer Universitas of Washington.

(kem)

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2016/05/30/56/1401725/peneliti-ciptakan-tangan-robotik-mirip-tangan-asli
Penulis : Moch Prima Fauzi ( Jurnalis)