Pertumbuhan energi terbarukan mencapai tingkat tertinggi

160601091426_solar_energy_640x360_ap_nocreditCina, Amerika Serikat, Jepang, Inggris dan India adalah negara penyumbang terbesar energi ramah lingkungan. 

Pertumbuhan sumber energi terbarukan seperti sinar matahari, angin dan air pada 2015 mencapai tingkat tertinggi sejauh ini, kata sebuah kajian.

Penanaman modal di sektor energi terbarukan selama tahun itu meningkat lebih dari dua kali dibandingkan jumlah yang digunakan untuk pembangkit baru tenaga batu bara dan gas, demikian temuan Renewables Global Status Report.

Untuk pertama kalinya, kekuatan ekonomi baru membelanjakan lebih banyak dibandingkan negara kaya terkait pembangkit dan bahan bakar terbarukan.

Lebih delapan juta orang sekarang bekerja dalam bidang energi terbarukan di dunia.

Selama beberapa tahun, terjadi peningkatan pembelanjaan dunia bagi energi terbarukan dan pada tahun 2015 mencapai tingkat tertinggi, jelas laporan tersebut.

Kapasitas sekitar 147 gigawatts (GW) ditambahkan pada tahun 2015, kurang lebih sama dengan kapasitas pembangkit Afrika dari berbagai sumber.

Cina, Amerika Serikat, Jepang, Inggris dan India adalah negara-negara yang menjadi penyumbang terbesar energi ramah lingkungan, meskipun harga bahan bakar fosil telah turun secara berarti.

Biaya energi terbarukan juga mengalami penurunnan, kata penulis laporan tersebut.

Sumber : http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/06/160601_majalah_iptek_energi

Penulis :