Astronom Petakan 1,2 Juta Galaksi dalam Gambar 3D

peta 1,2 juta galaksiLondon – Setelah satu dekade lamanya mengukur bintang-bintang, para ilmuwan baru saja merilis peta 3D yang mencakup 1,2 juta galaksi.

Peta ini mengukur ekspansi alam semesta dari waktu ke waktu yang menguatkan teori energi gelap memainkan peran dalam ekspansi ini.

Ratusan ilmuwan dari Baryon Oscillation Spectroscopic Survey (BOSS), sebuah program dari Sloan Digital Sky Survey III, yang mengukur ekspansi alam semesta dari waktu ke waktu, berkolaborasi membuat peta tersebut. Peta mencakup 650 kubik miliar tahun cahaya, yaitu seperempat dari langit.

Gambar di atas hanyalah sepotong dari peta itu yang meliputi 1/20 dari langit dan hanya selebar 6 miliar tahun cahaya.

Warna menunjukkan jarak dari Bumi dengan titik-titik kuning mewakili galaksi terdekat dan titik ungu terjauh (titik abu-abu adalah daerah yang tidak disurvei).

Di dalamnya terdapat 48.741 galaksi, 3 persen dari data set penuh, yang berarti mereka mengamati total 1.624.700 galaksi.

BOSS melacak ekspansi alam semesta dengan menyelidiki gelombang tekanan yang terpancar keluar dari Big Bang dan membeku saat materi dipadatkan 400 ribu tahun kemudian.

Para peneliti melacak gerakan galaksi dari 7-2 miliar tahun yang lalu, yang mendukung peran energi dan materi gelap dalam pertumbuhan alam semesta.

Pengukuran distribusi galaksi melintasi waktu mengungkapkan berapa banyak elemen berkompetisi meningkatkan ekspansinya dalam jangka waktu yang mereka lacak.

“Jika energi gelap telah mendorong ekspansi alam semesta selama waktu itu, peta kami mengungkap alam semesta berkembang sangat lambat. Perubahan itu paling 20 persen dalam 7 miliar tahun terakhir,” kata Florian Beutler dari Universitas Portsmouth, yang menyumbang dua tulisan yang diserahkan para ilmuwan kepada Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, pekan ini.

Sumber :
https://tekno.tempo.co/read/news/2016/07/17/061788179/astronom-petakan-1-2-juta-galaksi-dalam-gambar-3d