Mengapa Memakai Baju Berwarna Hitam Terasa Lebih Panas

Tahukah anda mengapa memakai baju berwarna hitam di siang hari terasa lebih panas?

Seorang pembaca yang bernama Chuck dari California bertanya, “Saya telah mendengar seluruh hidup saya bahwa warna hitam menyerap panas dan putih memantulkan panas. Apa sains di balik itu?

Mengapa Memakai Baju Berwarna Hitam Terasa Lebih Panas

Ilustrasi Sinar yang dipancarkan Oleh Matahari

Tidak diragukan lagi sebagian besar dari kita telah mendengar bahwa benda-benda yang berwarna hitam atau warna gelap lainnya lebih menyerap dan benda-benda putih dan ringan lebih reflektif, tetapi mari kita mulai dengan mengklarifikasi apa yang sedang diserap dan direfleksikan. Itu bukan panas, tetapi bentuk lain dari energi tak lain adalah cahaya. Warna yang terlihat pada suatu objek berkaitan dengan panjang gelombang cahaya yang terpantul dari objek tersebut.

Refleksi Gelombang Cahaya

Warna yang dapat diamati dari suatu objek harus dilakukan dengan panjang gelombang cahaya yang dipantulkan dari objek itu. Refleksi ini, pada gilirannya, bergantung pada sifat atom dan molekuler dari objek, struktur permukaannya dan sudut-sudut tempat cahaya menerpa dan di mana seseorang mengamatinya, di antara benda-benda lainnya.

Sebuah apel berwarna merah karena ketika cahaya putih, yang terdiri dari semua panjang gelombang yang terlihat bercampur, inti atomnya memantulkan semua panjang gelombang merah lebih dari warna lain dan memantulkannya ke mata kita.

Benda hitam, seperti baju, terlihat hitam karena warnanya menyerap semua panjang gelombang dalam cahaya putih dan tidak memantulkan cahaya. Saat baju menyerap semua cahaya yang datang dari matahari, energi yang dibawa oleh cahaya itu akan hilang begitu saja ke dalam kaos dan diubah menjadi bentuk energi lain, biasanya panas, dan kemudian dipancarkan kembali. Semakin gelap objek, semakin baik memancarkan panas, karena itu penyerap cahaya yang lebih baik.

Namun, lain hal nya objek putih tampak putih karena semua panjang gelombang yang berbeda dan menyerap lebih sedikit cahaya dan memadamkan sedikit atau tanpa panas.

Sumber : Techno.OkeZone