Blood Moon Terlama Dalam Sejarah Akan Terjadi Pada Akhir Juli 2018

Blood Moon adalah sebuah fenomena dimana bulan tampak berwarna merah seperti halnya darah. Sebenarnya fenomena ini masih tergolong dalam fenomena gerhana bulan total. Namun, bedanya adalah kali ini bulan bukannya tampak gelap melainkan tampak berwarna merah. Fenomena ini terakhir kali terjadi pada bulan September tahun 2015 lalu.

Blood Moon Terlama Akan Terjadi Pada Akhir Juli 2018

Blood Moon Terlama Abad ini Akan Terjadi Pada Akhir Juli 2018

Namun dalam bulan ini fenomena alam langka akan terjadi kembali hampir berdekatan, yaitu gerhana bulan dan matahari. Fase atau yang disebut juga dengan Blood Moon akan terjadi pada tanggal 27 Juli mendatang yang berlangsung selama satu jam 43 menit.

Gerhana bulan ini akan terlihat jelas di Afrika Timur dan Asia tengah. Sedangkan di beberapa wilayah lainnya, gerhana tersebut akan terlihat, tetapi tidak akan sempurna seperti hal nya kedua wilayah yang tersebut diatas.

Fenomena blood moon ini akan terjadi ketika sinar matahari tersebar di seluruh atmosfer Bumi.

Kapan Blood Moon akan terlihat?

Waktu gerhana terbesar adalah pukul 4:21 siang EDT (2021 GMT) pada tanggal 27 Juli, menurut EarthSky.org . Gerhana total akan berlangsung dari jam 3:30 hingga 5:13 malam EDT (1930 hingga 2113 GMT) . Juga akan ada beberapa waktu sebelum dan sesudah ketika bulan berada di bagian yang lebih terang dari bayangan Bumi, yang disebut penumbra.

Saat terjadi Gerhana Bulan Total, satelit alami Bumi akan berubah warna menjadi kemerahan yang spektakuler. Dikutip dari situs space, Kamis 28 Juni 2018, total keseluruhan acara selestial akan berlangsung selama hampir empat jam tepatnya gerhana akan berlangsung selama 3 jam dan 55 menit.

Fenomena ini 40 menit lebih lama dari ‘Super Blue Blood Moon’ yang terjadi pada bulan Januari tahun ini.

Ketika terjadi Gerhana Bulan Total atau Blood Moon, Bulan akan berubah warna menjadi merah tua atau coklat kemerahan. Hal itu disebabkan, karena sebagian sinar Matahari yang menembus atmosfer Bumi berbelok di tepian Bumi, sehingga jatuh ke permukaan

Kapan gerhana bulan berikutnya?

Gerhana bulan total berikutnya yang terlihat dari Amerika Utara akan terjadi pada 21 Januari 2019 . Totalitas pada hari itu akan berlangsung 1 jam dan 2 menit, dan gerhana akan sangat mendukung pemirsa di Pantai Barat. Tahun itu juga akan melihat gerhana parsial, pada 16 Juli 2019 – peringatan 50 tahun peluncuran misi pendaratan di bulan pertama, Apollo 11 . LRO kemungkinan masih akan beroperasi kemudian, setelah melewati peringatan 10 tahun tiba di bulan pada 23 Juni 2019.