Pencurian mata uang Cryptocurrency melonjak di paruh pertama 2018

LP2STM – Pencurian cryptocurrency dari bursa melonjak di paruh pertama tahun ini menjadi tiga kali lipat ketimbang tahun 2017, yang menyebabkan peningkatan tiga kali lipat dalam pencucian uang elektrik tersebut, menurut laporan dari firma cybersecurity CipherTrace yang berbasis di AS yang dirilis pada Selasa.

Pencurian mata uang Cryptocurrency

Pencurian cryptocurrency dari bursa melonjak di paruh pertama tahun ini

Menurut laporan yang melihat pasar anti pencucian uang global, menunjukkan bahwa dalam enam bulan pertama tahun ini total $ 761 juta dicuri dari pertukaran mata uang digital , dibandingkan tahun 2017 yang keseluruhan berkisar $ 266 juta.

Dikutib dari gadgetsnow (3/8/2018), Kerugian yang timbul akibat pencurian mata uang Cryptocurrency bisa naik menjadi 1,5 miliar tahun ini.

Seperti yang kita ketahui keunggulan mata uang virtual ini yaitu bisa dengan mudah ditransfer ke alamat ananonim yang sukar untuk dideteksi, hal ini pula dimanfaatkan oleh penjahat untuk melancarkan aksinya, lebih-lebih tidak adanya regulator yang mengatur tentang Bitcoin, sehingga peluang pencurian Bitcoin sangatlah besar

“Untuk ini, keunggulan Bitcoin adalah sulit untuk diverifikasi,”kata Chanut Hongsitthichaikul, seorang penyelidik kasus di Phuket, Thailand.

CipherTrace mengatakan, yang meluncurkan perangkat lunak untuk membantu pertukaran dan hedge fund yang menggunakan atau memperdagangkan cryptocurrency harus sesuai dengan undang-undang anti-pencucian uang.

“Cryptocurrency yang dicuri tiga kali lebih besar tahun ini dibandingkan tahun lalu, sehingga tren ini jelas bukan teman kami di sini,” kata Dave Jevans, CEO CipherTrace kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Jevans yang menjabat juga sebagai ketua di sebuah organisasi Anti-Phising, menambahkan bahwa mata uang virtual yang dicuri dipergunakan untuk membantu para penjahat menyembunyikan identitas mereka yang sebenarnya dan menghindari penangkapan, yang telah menghasilkan peningkatan tiga kali lipat dalam pencucian uang dari mata uang kripto.

Pencurian terbaru dari pertukaran cryptocurrency adalah $ 32 juta dalam mata uang digital yang dicuri dari pertukaran Korea Selatan Bithumb.

Lonjakan kejahatan cryptocurrency sekaligus telah menarik perhatian regulator global dan penegakan hukum, imbuhnya lagi.

Jevans mengatakan regulator di seluruh dunia, penegakan hukum global dan pertukaran telah berdialog tentang apa yang perlu dalam industri cryptocurrency untuk mencegah lonjakan dalam kejahatan ini.