ProtonMail Layanan Email Teraman Solusi Pengganti Gmail

LP2STM – Gmail yang merupakan kepanjangan Google Mail adalah layanan penyedia jasa surat elektronik dengan jumlah pengguna terbesar di dunia mengalahkan Hotmail dan Yahoo mail.

ProtonMail Layanan Email Teraman Solusi Pengganti Gmail

ProtonMail Layanan Email Teraman

Namun baru-baru ini Gmail malah diterpa isu miring, pasalnya isi surel di Gmail bisa diakses oleh pengembang pihak ketiga dan hal ini membuat kepercayaan pengguna terancam kepada penyedia surat elektronik terbesar tersebut.

Alih-alih menggunakan enkripsi end-to-end, ProtonMail menjadi layanan email dengan keamanan terbaik didunia yang digunakan lebih dari 2 juta pengguna. ProtonMail menggunakan enkripsi berlapis dalam mengamankan isi surelnya, bahkan layanan e-mail ini juga memiliki fitur dimana pesan akan hancur setelah dua jam dibaca.

“Kami mengatur email ProtonMail kami dengan timer penghancur otomatis. Jadi, Anda mengirim mereka, dan setelah mereka dibaca, dua jam kemudian mereka menghilang.” kata mantan CEO Alexander Nix kepada wartawan yang menyamar sebagai calon klien.

Kelebihan Enkripsi End-to-End sendiri adalah pesan dienkripsi segera setelah pengguna mengklik kirim dan hanya didekripsi ketika penerima membukanya. Karena pesan hanya dapat dibuka dengan kunci pribadi dan penerima sendiri, tidak ada orang lain yang dapat mendekripsikannya.

Inilah yang digunakan ProtonMail. Jika pengguna mengakses ProtonMail tidak melalui Internet biasa tetapi melalui jaringan Tor anonim, ini menambahkan dua lapisan enkripsi end-to-end sehingga lebih sulit untuk dintip isi pesannya. Selain itu, Tor menganonimkan lalu lintas internet, sehingga pengguna dapat mengakses ProtonMail dari area dan jaringan yang melarang membuka situs web ProtonMail biasa.

Berikut Deskripsi Lengkap ProtonMail

  • ProtonMail menawarkan email terenkripsi gratis dengan penyimpanan online 500 MB; Akun berbayar termasuk hingga 20 GB.
  • Email antara pengguna ProtonMail secara otomatis dan transparan dienkripsi tepat pada saat pengiriman dan hanya didekripsi di mesin penerima ketika dibuka.
  • Tidak ada salinan yang dapat dibaca dan dibaca yang tersisa di server mana pun. Email yang tidak dienkripsi yang Anda terima di ProtonMail disimpan dalam bentuk terenkripsi saja.
  • Akses melalui situs Tor dengan menggunakan jaringan Tor lebih lanjut menganonimkan lalu lintas ke ProtonMail, memungkinkan Anda untuk mengaksesnya di mana membuka situs ProtonMail dapat diblokir, dan menambahkan dua lapisan tambahan enkripsi end-to-end .
  • Untuk email kepada pengguna di luar sistemnya, ProtonMail menawarkan untuk mengenkripsi konten pesan untuk dibuka dan diuraikan dengan kata sandi bersama. Penerima harus membuka pesan yang sebenarnya menggunakan antarmuka web ProtonMail, yang memungkinkan mereka untuk membalas dengan cara yang terenkripsi dengan aman juga.
  • Email yang dikirim dari ProtonMail dalam sistem atau menggunakan enkripsi kata sandi dapat disetel untuk merusak diri sendiri; melewati tanggal kedaluwarsa, pesan dihapus dari sistem ProtonMail dan tidak lagi dapat diakses.
  • Karena servernya secara eksklusif berlokasi di Swiss, email dalam sistem ProtonMail dilindungi — sejauh perlindungan tersebut.
  • ProtonMail tidak mengumpulkan informasi pribadi ketika akun dibuat, dan alamat IP dari juga tidak disimpan
  • Dengan menggunakan label (warna-kode dan nama-khusus), yang dapat mengkategorikan dan mengatur surat secara fleksibel
  • Menggunakan SpamAssassin, ProtonMail dapat menjaga kotak masuk pengguna dari junk mail dengan sangat sedikit false positive.
  • ProtonMail juga dapat menggunakan browser untuk mengirim pemberitahuan email baru ke desktop, meskipun tidak dengan cara diskriminatif; aplikasi seluler juga dapat digunakan untuk mengingatkan email baru
  • ProtonMail menggunakan PGP yang telah teruji waktu untuk enkripsi tingkat tinggi dan memelihara pustaka OpenPGP.js open source untuk penggunaan OpenPGP di browser.

Layanan e-mail yang didirikan pada tahun 2014 silam tersebut dapat digunakan bukan hanya dikomputer melainkan bisa juga di perangkat ponsel baik untuk iOS maupun Android dengan antar muka yang sangat menarik.