LP2STM Gelar Pelatihan di Sabang

Oleh: Zikrul Khalid – Kamis, 22/10/2015 – 15:11 WIB

kegiatan lp2stm di sabang

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sekawan Teknokrat Mandiri (LP2STM) Aceh sekaligus Dosen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah (USM), Saisa A. Rani bersama Peserta Pelatihan.

SABANG – Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik USM bekerjasama dengan LP2STM Aceh melalui Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2015 menyelenggarakan pelatihan kepada masyarakat di Gampong Batee Shok Suka Karya, Sabang (21/10).Melihat potensi sumber daya alam yang ada, pelatihan kepada masyarakat sangat penting. Apalagi menyangkut penerapan teknologi tepat guna yang dirancang untuk mempermudah pekerjaan dan mampu berdaya guna bagi perekonomian masyarakat itu sendiri.

Adapun hasil teknologi tepat guna (TTG) dan produk yang ingin dihasilkan adalah Virgin Coconut Oli (VCO) dari minyak kelapa murni/dara.

Dalam sambutannya Keuchik Gampong Batee Shok Suka Karya, Sabang mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada semua pihak penyelenggara, yang mana sudah memilih Gampong Batee Shok sebagai tempat pelaksanaan pelatihan.

Selama berlangsungnya pelatihan tersebut, masyarakat yang menjadi peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan. Adapun proses pembuatan minyak kelapa atau dalam bahasa Aceh dikenal dengan nama “minyek u” (minyak kelapa), begitu mudah dan sangat sederhana. “cukup that mudah lago. Hana payah ta jaga apui. Seupot ta proses, singoh beugoh kana minyek jih”maksudnya, cukup mudah prosesnya. Tidak perlu menjaga api. Sore di proses, besok pagi sudah ada minyaknya”. Ujar, Salah seorang peserta.

Harapan dari hasil pelatihan ini, semoga ilmu yang didapat bisa dikembangkan dan masyarakat tetap terus memproduksi VCO menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Pungkas, Saisa.

[Rilis]

Sumber :

http://acehimage.com/lp2stm-gelar-pelatihan-di-sabang.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*