Manusia, Sains, Teknologi dan Seni

hqdefault

Manusia
Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna dibandingkan makhluk ciptaan Allah yang lain. Dikatakan paling sempurna karena manusia dibekali akal sekaligus nafsu. Meskipun manusia mempunyai nafsu tetapi yang paling berperan adalah akal. Akal ini bertujuan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, akal juga sebagai alat untuk berfikir, berhitung dan berkreasi sehingga kerjasama antara keduanya sangat diperlukan dalam kehidupan manusia.

Sains
Sains merupakan bagian dari himpunan informasi yang termasuk dalam pengetahuan alamiah dan berisikan informasi yang memberikan gambaran tentang struktur dari suatu sistem serta penjelasan tentang pola laku sistem tersebut. Sistem yang dimaksud dapat berupa sistem alami maupun sistem yang merupakan rekaan pemikiran manusia mengenai pola laku hubungan dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. Kita dapat mempelajari sains dari alam semesta yang dimulai dengan bertanya kepada alam atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang alam.

Teknologi
Teknologi merupakan bagian dari himpunan informasi yang termasuk dalam pengetahuan ilmiah yang berisikan informasi preskriptif mengenai penciptaan sistem-sistem ciptaan tersebut. Penggunaan teknologi bertujuan untuk memudahkan segala aktifitas yang berkaitan dengan efisien waktu dan tenaga. Penciptaan teknologi ini didorong oleh ciri otomatisme dari fenomena teknik kehidupan masa kini yang menginginkan segala sesuatu menjadi lebih cepat dan mudah.

Teknologi terbagi menjadi 3
-Teknologi komunikasi
-Teknologi informasi
-Bioteknologi

Seni

Seni adalah bentuk ekspresi yang dicurahkan dari dalam jiwa manusia, disampaikan dalam berbagai bentuk dan diterima oleh indra. Contohnya seni suara untuk indra pendengar, seni lukis untuk indra penglihat, dll. Jadi kupercaya bahwa di dalam setiap manusia memiliki jiwa seni dan berbeda-beda karena setiap orang diciptakan tidak ada yang sama. Bentuk seni dapat beraneka ragam dan dapat ditemui dimana saja.

Jadi kesimpulannya adalah

Manusia sebagai alat untuk menciptakan suatu hal baru yang dapat menguntungkan sesama manusia

Sains merupakan informasi yang memberikan gambaran tertentu dan penjelasan tentang pola tingkah laku sistem tersebut

Teknologi sebagai dari bagian himpunan informasi dalam pengetahuan ilmiah yang berisikan informasi

Seni adalah bentuk ekspresi yang dicurahkan dari dalam jiwa manusia

Hubungan manusia dengan sains dan teknologi merupakan hal yang biasa, karena manusia tidak akan lelah akan keinginannya, serta sains merupakan sumber ilmu yang tidak ada habisnya dan teknologi merupakan ciptaan/karya dari manusia tersebut. Seni merupakan sesuatu yang berhubungan dengan karya cipta seseorang yang dihasilkan dari unsur rasa.

Referensi :

http://raynaldo15149.web.unej.ac.id/2015/10/21/opini-tentang-manusia-sains-dan-teknologi/

http://sukrablog.blogspot.co.id/2008/04/arti-sebuah-seni.html

Oleh : Zikrul Khalid, Ketua Pendiri Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sekawan Teknokrat Mandiri (LP2STM) Propinsi Aceh, Mahasiswa Program Magister (S2) Konsentrasi Teknologi Proses Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh. Email : zikrulkhalid@gmail.com