Digitalisasi Mampu Dongkrak Penjualan Mobil di Masa Krisis Covid-19

69 / 100 Skor SEO

Membeli mobil bisa dilakukan melalui online.

Lp2stm.or.id – Ahli digital memprediksi bahwa virus corona atau Covid-19  telah mempercepat proses digitalisasi pada semua sektor industri, termasuk industri otomotif.

Irene Bertschek, ahli dibidang proses digital di ZEW-Leibniz Center for European Economic Research di Mannheim, Jerman, menyampaikan bagaimana kecerdasan buatan (AI) bisa mengarahkan sektor otomotif dalam menghadapi masa pandemi ini.

Melalui proses digital tersebut, maka akan memudahkan semua jalur dapat dihindari, misalnya, pada saat seseorang ingin berkomunikasi satu sama lain dari lokasi mana pun atau berbelanja secara online. Maupun melakukan konsultasi dokter secara online juga di tengah pandemi seakan semakin mudah dan populer.

“Dalam jangka panjang, solusi digital semacam itu dapat membantu menjaga daerah pedesaan menjadi tempat tinggal dan bekerja,” tutur Irene yang dikutip dari laman resmi Volkswagen (24/5).


Pada sisi manufakur industri otomotif, Irene menyampaikan bahwa digitalisasi dapat membangun proses kerja secara otomatis. Hal tersebut dinilai sangat menguntungkan pada saat ini, khususnya disaat krisis corona untuk tetap menjaga jarak secara fisik.

“Digitalisasi mempengaruhi semua orang. Sebagian besar perusahaan besar memahami hal ini,” ujarnya.

Pandangan yang lain, ia keberadaan jika virus corona telah mempercepat perusahaan besar dalam beradaptasi dengan teknologi digital. Asumsinya, bahwa jika kantor rumahan, konferensi video, perdagangan online, dan lainnya akan memainkan peran yang lebih besar untuk waktu jangka panjang.

Seperti Cina, solusi digital diterapkan sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, bahkan sebelum krisis pandemi virus corona menyerang. Hal ini juga berlaku pada saat  pembelian mobil.

Michael Mayer, Head of Sales and Marketing Volkswagen di Cina, menyampaikan bahwa pada saat negara menerapkan penguncian wilayah atau lockdown pada Februari 2020, pembelian mobil secara digital mengalami peningkatan.

“Volkswagen bahkan mampu menjual 550 unit pada Maret dalam proses yang sepenuhnya digital,” ujarnya.

Mayer berasumsi jika penggunaan digitalisasi pada bisnis penjualan mobil akan lebih cepat. Hanya saja, hal tersebut tidak bisa memposisikan penjualan secara online sebagai satu-satunya standar murni. karna menurutnya, masih banyak pelanggan yang berkeinginan untuk bertemu langsung dengan tenaga penjual.

Editor : Zikrul Khalid