Pengertian DDoS Attack dan cara menanggulanginya !

65 / 100 Skor SEO

Menurut data yang dikumpulkan, ada 33% bisnis di dunia sudah menjadi korban serangan DDoS. DDoS memang susah dilacak. Beberapa jenis serangan DDoS memang bisa menjadi sangat kuat dan bahkan mencapai kecepatan 1.35 Tbps. Selain itu, DDoS attacks bisa menyebabkan kerugian sebesar $40,000 per jamnya jika terjadi. Maka dari itu disini saya akan membahas tentang ddos attack dan cara melindunginya.

PENGERTIAN DDoS ?

Distributed Denial of Service atau lebih dikenal dengan nama DDoS adalah sebuah percobaan penyerangan dari beberapa sistem komputer yang menargetkan sebuah server agar jumlah traffic menjadi terlalu tinggi sampai server tidak bisa menghandle requestnya.

DDoS biasa dilakukan dengan menggunakan beberapa sistem komputer yang digunakan sebagai sumber serangan. Jadi mereka melakukan serangan ke satu server melalui beberapa komputer agar jumlah traffic juga bisa lebih tinggi. Serangan DDoS bisa dibilang seperti kemacetan lalu lintas yang menghalangi pengemudi untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan tepat waktu.

Lalu bagaimana sebenarnya cara kerja dari DDoS  ini?

Untuk melakukan DDoS attack, penyerang memerlukan kontrol ke jaringan sebuah mesin online. Ini bisa berupa komputer atau device Internet Of Things ( IoT ) lainnya yang memiliki malware. Ini dilakukan agar setiap komputer atau device ini menjadi bot atau zombie. Kumpulan dari bot atau zombie ini disebut dengan istilah botnet.

Setelah botnet berhasil dibuat, penyerang juga bisa mengatur mesin-mesin ini dengan mengirimkan instruksi ke setiap bot melalui metode remote control. Setelah botnet menargetkan IP Address korban, setiap bot akan mengirimkan request ke target sampai server target tidak bisa menghandle requestnya. Ini akan mengakibatkan denial of service atau penolakan layanan ke traffic normal. Karena setiap bot yang digunakan adalah device internet yang masuk akal, memisahkan mana yang traffic biasa dan mana yang traffic serangan memang tidak mudah.

Web app Anda terdiri dari beberapa layers dan untuk melindungi diri dari berbagai DDoS Attack, Anda perlu memastikan bahwa tujuh layer web app Anda sudah terlindungi. Untuk melindungi website dari serangan ini, Anda bisa menggunakan beberapa layanan yang memang disediakan dengan tujuan untuk melindungi website Anda.

CLOUDFLARE adalah salah satu layanan keamanan website yang paling popular. Bahkan jika Anda menggunakan versi gratisnya, Anda tetap akan terlindungi dari DDoS. Jika Anda memerlukan perlindungan yang lebih tinggi, mungkin Anda memerlukan akun bisnis. Untuk menggunakan Cloudflare, Anda hanya perlu membayar tiap bulan dan biayanya selalu sama; tidak peduli berapa banyak serangan yang mereka hadapi atau seberapa kuat serangannya. Jaringan Cloudflare sudah tersebar ke lebih dari 102 data centers dan bisa menghandle lebih dari 10 TBps serta menghadapi serangan apapun. Cloudflare juga menyediakan layanan emergency 24 jam yang bisa Anda gunakan saat sedang terjadi serangan. Kalau ada dari Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang Cloudflare

Dengan semakin berkembangnya dunia online, begitu juga dengan ancaman-ancaman yang ada di dunia online. DDoS hanyalah satu dari sekian banyak ancaman yang ada di dunia online