BANK DATA RISET

Aplikasi Bank Data Riset (ABDi)

Aplikasi Bank Data Riset (ABDi) yang dibangun di lingkungan Lembaga Riset & Teknologi ( LEMRISTEK) dari Badan Usaha Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sekawan Teknokrat Mandiri (LP2STM) Aceh yang digunakan untuk menintegrasikan data riset secara terpusat dan tersinkronisasi, dan juga sebagai manajemen arsip berkas data fisik ke digital bagi peneliti yang terdaftar, yang dikelola oleh Tim Ahli Data dan Teknologi Lembaga Riset & Teknologi ( LEMRISTEK) Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sekawan Teknokrat Mandiri (LP2STM) Aceh.  ABDi ini bertujuan untuk mempermudah setiap Penelitian yang dilakukan dalam bentuk dokumentasi dan informasi data dari peneliti yang dapat dipublikasikan kepada publik. Aplikasi ini dikembangkan dengan berbasis web menggunakan framework dan database MySQL. Mamfaat dari penerapan Aplikasi Bank Data Riset (ABDi) ini adalah untuk menintegrasikan data secara terpusat dan manajemen arsip data fisik ke dalam bentuk digital (e-book).

Prolog : IPTEK untuk Kemajuan Bangsa

Kebutuhan akan suatu wadah bagi ilmuwan Indonesia terkemuka yang bersifat mandiri, mampu menyampaikan saran dan pertimbangan bagi Pemerintah dan masyarakat tentang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka pembangunan nasional dan kesejahteraan umat manusia, telah ada sejak awal kemerdekaan bangsa Indonesia.

LP2STM Aceh merupakan suatu wadah penelitian dan pengembangan swasta pertama di Aceh yang fokus pada bidang sains dan teknologi. Dengan mengusung konsep baru dalam mendorong terciptanya pembangunan ilmu pengetahuan, teknologi, pendidikan, dan seni untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban masyarakat.

Adapun proses dalam seleksi penerimaan keanggotaan tetap, dilakukan secara selektif berdasarkan tahapan proses yang cukup ketat. Hal ini dilakukan, agar nantinya anggota yang tergabung di LP2STM Aceh dapat berkompetensi, berdedikasi tinggi, dan memiliki kemampuan yang tepat sesuai dengan bidang ilmu yang dibutuhkan di LP2STM Aceh .

Kita mengharapkan, semoga perkembangan iptek di Indonesia khususnya propinsi Aceh dapat berkembang dan maju di masa depan. Dan mengajak kawan-kawan Teknokrat Aceh untuk terus berkarya dan berinovasi demi pembangunan berkelanjutan di provinsi Aceh. Pada kesempatan ini juga, LP2sTM Aceh selalu memikirkan langkah-langkah strategis dalam bentuk joint research seperti yang dilakukan oleh lembaga riset dan pengembangan lainnya.

 

Klik Web ABDi