PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

Institusi pendidikan diharapkan banyak berperan baik sebagai sumber ilmu pengetahuan maupun penghasil tenaga kerja terdidik. Proses pembelajaran yang dilaksanakan seharusnya mampu membekali kompetensi lulusan sesuai kebutuhan dunia kerja, sekaligus kompetensi untuk dapat membuka peluang kerja.
Seiring dengan naiknya kualifikasi tenaga kerja sebagai tuntutan pasar kerja, dan di sisi lain jumlah lulusan perguruan tinggi dari tahun ke tahun semakin banyak, membawa dampak pada persaingan dalam memperoleh pekerjaan bagi para lulusan. Hal ini menyebabkan masa tunggu lulusan juga akan semakin panjang. Diperkirakan satu lowongan pekerjaan diperebutkan oleh sekitar seratus orang yang lolos ke seleksi tes berikutnya. Belum adanya data kebutuhan tenaga kerja level pendidikan tinggi per bidang keahlian semakin mendorong tingginya angka pengangguran. Hal ini menunjukkan adanya gab yang signifikan antara supply dan demand persyaratan atau kualifikasi yang ditentukan perusahaan dengan kompetensi para pencari kerja.
LP2STM sebagai institusi pendidikan dan profesi swasta yang setiap tahunnya, mempunyai tanggung jawab moral untuk menjamin bahwa lulusan dari sekolah dan perguruan tinggi di Aceh harus memperoleh pekerjaan melalui pelatihan-pelatihan soft skill dan informasi lowongan pekerjaan yang mutakhir. Kecepatan dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan dan kompetensi yang dimiliki, diharapkan mampu memperpendek masa tunggu lulusan dalam mendapatkan pekerjaan. Selain itu, juga diharapkan mempunyai kompetensi yang mandiri dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain dan dirinya sendiri. Pembekalan yang berupa keterampilan-keterampilan yang menunjang kompetensi melalui pelatihan yang diadakan LP2STM diharapkan dapat membantu mereka untuk siap menghadapi persaingan di pasar kerja.
Berdasarkan argumentasi tersebut di atas, LP2STM perlu mendirikan sebuah lembaga yang mampu memenuhi kepentingan dan kebutuhan yang dimaksud. Pembentukan Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (EduTraining Development Center/TDC-LP2STM) bagi siswa dan mahasiswa maupun alumni adalah jawaban tepat untuk mengantisipasi tantangan ketenagakerjaan di masa datang.

Visi
Menjadi pusat pengembangan pendidikan dan pelatihan yang adaptif dan responsif terhadap dunia kerja di era global.

Misi
1. Meningkatkan kapasitas SDM melalui pendidikan, pelatihan, seminar, lokakarya, dan lain-lain.
2. Mengelola informasi ketenagakerjaan untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja
3. Menyelenggarakan konsultasi dan bimbingan pengembangan diri untuk kemajuan Institusi dan Industri.
4. Membangun jejaring kerja sama dengan dunia kerja.

Tujuan
1. Melaksanakan campus recruitment bagi lembaga yang membutuhkan
2. Menyediakan layanan konsultasi dan bimbingan
3. Menyediakan program-program pengembangan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya Manusia

Program Kegiatan
1. Pusat pengembangan pendidikan
2. Pusat pengembangan pelatihan

3.Pelayanan bimbingan dan konsultasi
4. Pelayanan pengembangan dan kerjasama